Ini Dia Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Kolesterol merupakan semacam zat lemak yang menyerupai lilin dan dimanfaatkan tubuh Anda untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Kolesterol diproduksi oleh hati dan kemudian mengirimkannya ke arteri Anda di berbagai area tubuh untuk menyembuhkan dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Jika Anda memiliki banyak peradangan dalam tubuh, misalnya pada pembuluh arteri, yang dapat merusak dan memakan lubang di arteri Anda. Organ hati memproduksi kolesterol kemudian menyalurkannya melalui aliran darah dan memperbaiki daerah yang rusak. Tapi lama kelamaan, kolesterol dapat terus menumpuk dan menyebabkan jaringan parut pada arteri. Arteri yang semakin menyempit bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa kolesterol tidak sejelek itu. Sebenarnya, yang perlu Anda waspadai adalah peradangan atau inflamasi dalam tubuh. Jadi yang Anda butuhkan dalam diet bukan menghindari kolesterol tapi mengurangi atau bahkan mengatasi peradangannya.

cara menurunkan kolesterol tinggi secara alamiFaktanya, otak dan saraf Anda terdiri dari hampir 25% kolesterol. Ketika Anda minum obat yang menghalangi kolesterol, kemungkinan dapat merusak otak dan sumsum tulang belakang Anda. Saat Anda melakukan itu maka akan merusak hormon karena kebanyakan hormon dalam tubuh Anda adalah jenis steroid yang memiliki komponen kolesterol.

Satu fakta lagi bahwa, kolesterol tinggi tidaklah sepenuhnya buruk. Yang buruk adalah terlalu banyak LDL dan kekurangan HDL.

Tahukah Anda, apa yang kita makan sehari-hari mungkin tidak memperhatikan keseimbangan antara LDL dan HDL tersebut. Ketidakseimbangan tersebut menimbulkan peradangan dan mengakibatkan penyakit jantung. Jadi, peradangan merupakan pemicu utama kadar kolesterol yang tidak sehat sehingga Anda harus segera mengatasinya.

Obat penurun kolesterol menyebabkan kerusakan otak otak secara hati-hati mereka merusak otak dan sistem saraf Anda dari waktu ke waktu dan dapat menghilangkan hormon Anda baik pada pria maupun wanita. Pada pria akan menyebabkan testosteron rendah, menurunkan kekuatan dan libido.

Makanan yang harus dikonsumsi

Beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi dalam diet sehari-hari untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) antara lain memperbanyak makan sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji chia dan biji rami.

Teh hijau juga bagus untuk menurunkan kadar kolesterol jahat karena mengandung komponen yang disebut EGCG yaitu sejenis polifenol yang telah terbukti mampu menurunkan peradangan, meningkatkan perlindungan antioksidan dan mengusir kadar kolesterol jahat.

Makanan lainnya yang baik untuk menurunkan kolesterol jahat yaitu minyak zaitun serta aneka rempah-rempah seperti bawang putih, kunyit, oregano, rosemary dan kayu manis.

Para ahli menyarankan mengonsumsi ikan salmon karena kandungan omega 3 di dalamnya membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Suplemen untuk menurunkan kolesterol

Beras ragi merah baik untuk menurunkan kadar kolesterol secara alami, tetapi pada umumnya hanya harus dikonsumsi jika kadar kolesterolnya benar-benar tinggi. Dua suplemen lainnya adalah lemak omega-3 dengan dosis 1000 miligram sekali atau dua kali sehari dan bawang putih dengan dosis 1 hingga 2.000 miligram per hari.

Artikel Lainnya

Cara Mengatasi Hipertensi Secara Alami, Konsumsilah Omega 3

Ini Dia Manfaat Tea Tree Oil, Salah Satunya Bisa Mengatasi Jerawat Lho!

Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak