Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak

Omega-3 merupakan salah satu asam lemak yang sangat berperan penting untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Namun, banyak penduduk di seluruh dunia termasuk Indonesia mengalami kekurangan zat omega-3 ini di dalam menu makanan mereka sehari-hari.

Meskipun dalam pola makan sehari-hari, kita mengonsumsi makanan yang banyak mengandung asam lemak omega-6 tapi tidak diimbangi dengan asupan asam lemak omega-3. Akibatnya, tubuh mudah mengalami peradangan. Pada zaman sekarang, muncul banyak penyakit-penyakit kronis yang awalnya disebabkan oleh peradangan di dalam tubuh.

Sumber-sumber makanan omega 3

Mungkin Anda sangat suka makan telur, ya, dengan mengonsumsinya Anda dapat dengan mudah mendapatkan asupan omega 3. Jika Anda tidak terlalu menyukai telur, Anda bisa mengalihkan pada ikan seperti ikan salmon, tuna atau sarden. Selain dari sumber hewani, omega 3 juga dapat diperoleh dari biji-bijian antara lain chia seed dan flax seed.

manfaat omega 3 bagi kesehatanBagi Anda yang belum bisa memenuhi asupan omega 3 dari sumber-sumber makanan di atas, maka mengonsumsi suplemen omega 3 juga penting. Biasanya produk suplemen omega 3 yang paling banyak dijual adalah minyak ikan (fish oil) dan minyak hati ikan kod (cod liver oil).

Mengonsumsi 1000 mg omega 3 sehari dapat membantu menyeimbangkan kadar omega 3 dalam tubuh Anda.

Manfaat omega 3

Omega-3 sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh antara lain mengurangi peradangan, membantu pengobatan penyakit jantung, mengurangi risiko kanker, membantu kinerja atletik dan pemulihan, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan fungsi otak.

Terakhir, Anda perlu mendapatkan lebih banyak asupan lemak omega-3 dalam diet Anda jika Anda ingin mencapai tingkat kesehatan optimal Anda.

Sebaiknya, konsultasilah ke dokter ahli sebelum mengonsumsi suplemen omega 3.

Artikel Lainnya

Cara Mengatasi Hipertensi Secara Alami, Konsumsilah Omega 3

Ini Dia Manfaat Tea Tree Oil, Salah Satunya Bisa Mengatasi Jerawat Lho!