Ini Dia Manfaat Tea Tree Oil, Salah Satunya Bisa Mengatasi Jerawat Lho!

Tea tree oil merupakan minyak yang aslinya berasal dari Australia dan sering digunakan oleh penduduk Aborigin sebagai salah satu bentuk pengobatan luka. Minyak atsiri ini hanya dipakai sebagai obat topikal atau obat luar saja. Kandungan senyawa kuat yang terkandung dalam tea tree oil membuatnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Mengatasi jerawat

tea tree oil mengatasi jerawatSalah satu manfaat utama tea tree oil adalah memerangi jerawat. Jika Anda mengalami jerawat, perlu diketahui bahwa tea tree oil merupakan minyak essensial yang kuat dalam melawan jerawat.

Cara mengatasi jerawat dengan tea tree oil yaitu dengan cara mencampurkan dua atau empat tetes tea tree oil dengan satu sendok teh madu. Kemudian oleskan campuran tersebut pada area kulit yang berjerawat. Diamkan selama sekitar dua menit lalu bilas dengan air.

Ini merupakan salah satu perawatan anti-jerawat yang paling ampuh saat ini dan sangat baik bagi warna kulit Anda.

Sebagai antijamur dan antivirus

Tea tree oil memiliki zat antijamur dan antivirus yang bagus untuk mengatasi cacar air dan herpes. Caranya, campur tea tree oil dengan madu mentah, shea butter atau minyak kelapa. Kemudian oles dan gosokkan pada bagian kulit yang terkena herpes atau cacar air. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi kedua masalah kulit tersebut.

Jika terjadi nyeri saraf saat mengalami herpes, Anda bisa menggunakan campuran tea tree oil dengan minyak helichrysum untuk mengatasinya.

Mengobati luka

manfaat tea tree oil untuk jerawat
Anda juga dapat memanfaatkan tea tree oil untuk mengobati luka. Jika Anda mengalami luka gores atau luka bakar atau luka karena jatuh, misalnya, Anda bisa menggunakan tea tree oil yang berfungsi sebagai antibakteri dan mencegah terjadinya infeksi.

Peran tea tree oil di sini adalah sebagai antiseptik alami. Anda dapat membuat salep alami yang terdiri dari campuran tea tree oil dan madu kemudian mengoleskannya pada bagian kulit yang terluka.

Mengatasi jamur kuku, kaki atlet dan kurap

Jika Anda mengalami masalah kulit yang disebabkan jamur seperti jamur kuku, kaki atlet atau kurap dan sudah menggunakan berbagai perawatan maupun krim tapi tidak manjur, Anda bisa mempertimbangkan tea tree oil.

Campurkan tea tree oil dengan minyak oregano atau minyak kelapa dengan perbandingan 50:50. Kemudian oleskan pada bagian yang terkena jamur sebanyak tiga kali sehari. Lakukan secara rutin sampai masalah jamur hilang.

Selain manfaat-manfaat di atas, tea tree oil juga bermanfaat untuk menangani masalah kulit kering, ketombe, eksim, dan psoriasis.

Artikel Lainnya

Cara Mengatasi Hipertensi Secara Alami, Konsumsilah Omega 3

Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak