Cara Mengatasi Hipertensi Secara Alami, Konsumsilah Omega 3

Tahukah Anda, menurut sebuah studi yang diadakan University of Washington's Institute for Health Metrics and Evaluation di Seattle menemukan bahwa jumlah penderita hipertensi di seluruh dunia sebanyak 900 juta orang. Jumlah tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun.

faktor penyebab tekanan darah tinggiStudi tersebut meninjau hasil 844 studi antara tahun 1980-2015, yang melibatkan 8,7 juta orang dari 154 negara. Hasilnya, Indonesia masuk lima besar penyumbang 50% kasus hipertensi di seluruh dunia bersama Amerika Serikat, Cina, India, dan Rusia.

Faktor-faktor penyebab hipertensi

Anda mungkin sudah sering membaca berbagai buku maupun artikel mengenai penyebab hipertensi. Namun ada empat faktor utama yang kemungkinan dapat menyebabkan hipertensi seperti konsumsi natrium berlebihan, stres emosional, pola makan yang buruk, dan kurang olahraga.

Diet untuk penderita hipertensi

Bagaimana diet terbaik untuk penderita hipertensi? Ada empat nutrisi penting bagi para penderita hipertensi yaitu omega 3, potassium, magnesium dan antioksidan. 

omega 3 untuk mengatasi hipertensiJika Anda dapat menambahkan dan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi-nutrisi tersebut alam diet Anda, besar kemungkinan tekanan darah Anda bisa benar-benar seimbang.

Anda bisa memperolehnya dengan mengonsumsi makanan seperti buah-buahan, sayuran, tauge / kecambah, dan daging organik.

Ketika melakukan diet, sebaiknya Anda menghindari asupan natrium yang berlebih untuk menjaga tekanan darah. Jangan terlalu banyak mengonsumsi garam. Sedikit boleh.

Anda juga sebaiknya menghindari garam beryodium olahan, gula olahan, dan tentu saja makanan cepat saji. Makanan-makanan tersebut dapat menimbulkan peradangan di arteri yang menyebabkan tekanan darah serta kolesterol meningkat.

Seimbangkan diet hipertensi Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan kaya akan vitamin dan mineral.

Suplemen untuk hipertensi

Salah seorang dokter dari Amerika Serikat merekomendasikan omega 3 minyak ikan atau fish oil. Minyak ikan mengandung banyak asam lemak omega 3 yang juga disebut DHA dan EPA. Zat tersebut merupakan antiinflamasi (anti peradangan).

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa peradangan merupakan salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi.

Jika Anda mengonsumsi suplemen omega 3 minyak ikan berkualitas dalam diet Anda sekitar 1000 mg sehari, Anda akan merasakan hasilnya dengan cepat, dalam hal ini tekanan darah menjadi seimbang.

Suplemen kedua yang tidak kalah penting adalah suplemen magnesium. Magnesium membantu mengendurkan dinding pembuluh darah Anda dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh serta mengurangi stres. Anda bisa mengonsumsi 250 miligram magnesium 2 kali sehari.

Suplemen ketiga adalah bawang putih. Anda dapat memakan bawang putih secara langsung atau mengonsumsi ekstraknya saja. Bawang putih mengandung allicin serta phyotnutrients lainnya yang membunuh bakteri jahat di tubuh Anda dan berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Olahraga sangat penting

Anda sudah melakukan diet dan mengonsumsi suplemen. Namun, jangan lupakan olahraga. Para ahli menyarankan olahraga selama 20 hingga 30 menit 3 kali seminggu dalam usaha menurunkan tekanan darah tinggi.

Anda bisa melakukan olahraga seperti jalan kaki atau latihan beban yang dapat membantu Anda menurunkan tekanan darah secara alami.

Artikel Lainnya

Ini Dia Manfaat Tea Tree Oil, Salah Satunya Bisa Mengatasi Jerawat Lho!

Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak