Suplemen Untuk Diet Sehat, Cocok Menurunkan Berat Badan

Chitosan merupakan serat yang berguna mengatur gula darah dan membuat Anda merasa lebih kenyang ketika mengonsumsinya dengan diet sehat lainnya. Hasil sebuah studi menunjukkan bahwa kombinasi diet sehat dengan chitosan membantu para partisipan menurunkan berat badan empat pound per bulan.


Tahukah Anda bahwa kerangka luar / cangkang hewan crustacea seperti kerang dan rajungan merupakan sumber serat atau fiber yang dinamakan chitosan. Serat ini adalah jenis serat yang unik karena tidak mudah terurai oleh enzim pencernaan dan sudah terbukti mampu mengikat lemak di usus dalam penelitian pada hewan.

suplemen untuk diet sehat dengan chitosanSifat unik dari Chitosan tersebut membuatnya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, menstabilkan gula darah dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika Anda memiliki masalah berat badan atau kolesterol tinggi, Anda mungkin bisa memeprtimbangkan chitosan yang diyakini dapat menghambat penyerapan lemak. Manfaat tersebut sudah terbukti dalam beberapa penelitian pada hewan.

Chitosan adalah molekul polisakarida alami yang memiliki muatan listrik positif dan akan mengikat molekul bermuatan negatif seperti molekul lemak atau lipid. Ini merupakan mekanisme maju di balik sifat-sifat pemblokiran lemak potensial dari Chitosan.

Namun studi manusia tentang chitosan ini masih kontroversial dan belum tersedia bukti konklusif dari tindakan tersebut. Meskipun begitu, studi-studi pada hewan menunjukkan bahwa chitosan mampu menghalangi penyerapan lemak di usus.

Diyakini juga bahwa mekanisme perangkap lemak ini adalah cara chitosan menurunkan kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setelah empat minggu penggunaan chitosan, kadar kolesterol pada peserta penelitian menurun.

Dosis optimum chitosan adalah 1.000 hingga 1.500 miligram tiga kali sehari dengan makanan. Penting bagi Anda untuk mengonsumsinya dengan makanan agar membantu Anda merasa kenyang, menstabilkan gula darah dan berpotensi memblokir penyerapan lemak.

Hati-hati dengan penggunaan chitosan dalam jangka panjang karena dapat mengganggu penyerapan mineral dan vitamin yang larut dalam lemak. Karena Chitosan diekstraksi dari cangkang krustasea,  namun tidak mungkin memakan sumber makanan chitosan tersebut.

Suplementasi adalah satu-satunya pilihan untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari chitosan. Konsumsilah chitosan dalam bentuk kapsul atau bubuk. Para dokter yang mempraktikkan pengobatan komplementer merekomendasikan chitosan sebagai alat bantu penurun berat badan dan untuk mengurangi tingkat kolesterol.

Kesimpulan
Chitosan adalah serat makanan yang dapat membuat Anda merasa lebih kenyang dan telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan pada mereka yang mengikuti diet sehat. Chitosan juga berpotensi menghambat penyerapan lemak dan menurunkan kadar kolesterol. Konsumsilah chitosan dengan dosis 1000 hingga 1500 miligram dengan makanan untuk hasil terbaik.

Artikel Lainnya

Cara Mengatasi Hipertensi Secara Alami, Konsumsilah Omega 3

Ini Dia Manfaat Tea Tree Oil, Salah Satunya Bisa Mengatasi Jerawat Lho!

Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak